Dugaan Ratusan Juta Dana CSR Masuk Rekening Oknum Pejabat

ILUSTRASI: Rupiah. (Dok. JawaPos.com)

FAJAR.CO.ID,MANADO-- Dugaan Tipikor dengan modus baru berhasil “diendus” Kejari Manado. Memanfaatkan dana hibah atau corporate social responsibility (CSR). Hal ini berhasil dibongkar oleh Tim Intelijen dan Tim Pidsus Kejaksaan. Hasilnya tim berhasil mengamankan sekira Rp650 juta uang negara.

Awalnya dana CSR dari salah satu bank diberikan kepada Pemkot Manado untuk bantuan RS Gigi dan Mulut. Dengan nilai sebesar Rp1,2 miliar. Namun April lalu, Rp650 juta dari CSR tersebut, dipindahkan ke rekening pribadi milik oknum pejabat RSUD. Sisanya sekira Rp550 juta, belum diketahui. Baik tempat disimpan atau penggunaannya.

Hal ini disampaikan Kajari Manado Maryono SH. “Hari ini (kemarin) kami menerima penitipan uang sekira Rp650 juta. Bagian dari dana CSR bank daerah untuk pemkot Manado, dengan keseluruhan sekira Rp1,2 miliar. Namun Rp650 juta, ternyata pada April lalu, informasi masuk ke rekening seseorang pejabat RS daerah. Sedangkan sisanya sekira Rp550 juta, nanti akan kami telisik. Apa masih ada atau sudah digunakan untuk yang lain,” terangnya di kantor Kajari kemarin.

Lanjutnya, berdasarkan informasi tersebut, penyelidik Kejari Manado kemudian berkoordinasi dengan bank pemberi CSR dan para oknum yang ditengarai mengetahui dana tersebut.

Sehingga atas kerja sama yang baik pihak bank, dan atas kesadaran pemilik rekening yang menampung sebagian dana CSR tersebut. Juga dengan maksud penyelamatan uang negara, maka secara sukarela telah menitipkan uang Rp650 juta itu kepada penyelidik Kejari Manado. Yang juga telah dititipkan sementara ke rekening dinas Kejari Manado di BRI.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Edy Arsyad


Comment

Loading...