Elektabilitas Partai Besutan Grace Natalie Melejit, Ini Gambaran Capres 2024

Ketua Umum PSI Grace Natalie (dpd psi)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA -- Meski negara tengah berjuang melawan Covid-19 sejak empat bulan terakhir, namun agenda politik tetap berjalan. Pandemi tidak membuat para politisi mengurangi manuvernya.

Dinamika politik pun terus dipotret oleh sejumlah lembaga survei untuk mengukur tingkat popularitas dan elektabilitas tokoh maupun partai politik (parpol).

Center for Political Communication Studies (CPCS) dalam surveinya menyatakan, untuk peta elektoral 2024 terjadi perubahan signifikan. Elektabilitas tokoh calon presiden (capres) 2024 maupun parpol mengalami pergerakan.

“Tiga tokoh muncul sebagai kekuatan utama dalam pertarungan memperebutkan posisi calon presiden 2024. Yaitu, Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, dan Ridwan Kamil,” ungkap Direktur Eksekutif CPCS Tri Okta dalam keterangan presnya di Jakarta, Minggu (12/7).

Tri Okta menjelaskan, Prabowo yang kini menjabat menteri pertahanan masih bertengger di urutan pertama, meskipun mengalami penurunan dari survei yang dirilis CPCS pada Maret 2020 lalu.

Elektabilitas Prabowo mencapai 18,4 persen. Pada survei sebelumnya 22,7 persen. Sebaliknya, Gubernur Jawa Tengah Ganjar dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil sama-sama mengalami kenaikan yang sangat signifikan.

Elektabilitas Ganjar naik dari 8,5 persen menjadi 13,5 persen. Ridwan Kamil yang biasa disapa Kang Emil naik dari 5,8 persen menjadi 11,3 persen.

Menurut Okta, kenaikan elektabilitas Ganjar dan Kang Emil tidak bisa dilepaskan dari posisi keduanya sebagai kepala daerah yang berkaitan dengan penanganan pandemi. Banyak kebijakan yang diserahkan oleh pemerintah pusat kepada daerah dalam pemberlakuan pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Begitu juga dengan upaya lain, seperti pembagian bansos dan penanganan kesehatan.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Hamsah umar


Comment

Loading...