Imigrasi Makassar Buka Layanan Paspor Kolektif, Melalui Program EAZY PASSPORT

Fajar.co.id, Makassar -- Di bawah pendampingan Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Sulsel, Imigrasi Makassar kembali memberikan kemudahan layanan kepada kelompok masyarakat yang terkendala pembatasan kuota pemohon paspor di masa pandemi. Itu dengan Program EAZY PASSPORT.

Melalui program tersebut, kelompok masyarakat dari instansi pemerintah/swasta, perumahan, perguruan tinggi, atau lainnya dengan jumlah minimal 50 orang dapat mengajukan permohonan paspor secara kolektif ke Imigrasi Makassar.

Kemudahan program EAZY PASPORT ini adalah Imigrasi Makassar akan melayani di tempat pemohon untuk proses permohonan pemeriksaan berkas, foto, dan wawancara. Sementara Paspor yang telah selesai dapat dikirimkan melalui PT Pos atau diambil langsung di Kantor Imigrasi Makassar secara kolektif.

Kepala Divisi Keimigrasian, Dodi Karnida, menjelaskan bahwa program tersebut merupakan inovasi Direktorat Jenderal Imigrasi untuk memberi kemudahan layanan Paspor RI kepada masyarakat. "Secara tidak langsung program ini akan mengurangi tumpukan antrean permohonan passpor di Imigrasi Makassar pada masa pandemi ini," kata Dodi, melalui keterangan tertulis yang dikirim pihaknya, Minggu (12/7/2020).

Kelompok masyarakat cukup mengajukan permohonan tertulis kepada Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Makassar dengan disertai keterangan jumlah pemohon, waktu dan tempat pelayanan, penanggung jawab atau narahubung, serta lampiran persyaratan sesuai SOP yang telah ditetapkan seperti E-KTP, Kartu Keluarga, Akta Lahir/Ijazah/Surat Nikah dan keterangan lainnya jika dianggap perlu.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Muhammad Nursam


Comment

Loading...