RS Dadi Jadi Rujukan Ibu Hamil, Sebelum Melahirkan Wajib Rapid Test

Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Makassar, Naisyah Tun Azikin -- fajar

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Ibu hamil menjadi salah satu perhatian Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar di tengah pandemi Covid 19. Bekerja sama dengan Pemprov, kini Pemkot menyediakan rumah sakit khusus rujukan ibu hamil.

Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Makassar, Naisyah Tun Azikin mengatakan, untuk sementara menunjuk Rumah Sakit Dadi sebagai rumah sakit khusus pemeriksaan ibu hamil.

"Jadi Rumah Sakit Dadi untuk sementara waktu dijadikan. Bahkan Rumah Sakit Dadi sudah menambah 30 tempat tidur," ujarnya, Minggu (12/7/2020).

Jika berkaca pada data tahun lalu, kata Naisyah, dalam setahun jumlah ibu yang melahirkan di Kota Makassar mencapai 29 ribu. Hal tersebut tentu menjadi perhatian serius.

"Yang melahirkan tahun lalu 29 ribu. kami hitung mundur ke belakang sisa enam bulan mungkin sisa 15 ribu lagi yang kan melahirkan," ucapnya.

Untuk itu, pihaknya sudah menginstruksikan untuk puskesmas agar melakukan rapid test terlebih dahulu kepada ibu hamil sebelum melahirkan.

"Kami sudah menginstruksikan kepada seluruh puskesmas agar seluruh ibu hamil yang mau melahirkan agar diperiksa rapid test, sehingga tidak ada lagi ibu hamil yang tidak dirapid test. Jika dirapid test dia reaktif agar dikirim ke rumah sakit untuk dilakukan uji swab," katanya.

Ke depan menurut Naisyah, tidak menutup kemungkinan Pemrov akan menambah rumah sakit rujukan khusus ibu hamil. Jika hanya Rumah Sakit Dadi ditakutkan tidak bisa menampung lonjakan pasien yang sewaktu-waktu bisa terjadi.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Hamsah umar


Comment

Loading...