Urban Farming Menggeliat saat Pandemi, Artis Asri Welas Ikut Kecantol

Asri Welas dan putranya, Ibam, di kebun rumah mereka di Jakarta Timur. Urban Farming kian mendekatkan Ibam dengan alam. (ASRI WELAS FOR JAWA POS)

FAJAR.CO.ID — Dalam sebulan, Asri Welas kini cukup menganggarkan dana belanja untuk konsumsi keluarga sekitar Rp200 ribu. Separuh dari biasanya.

Paling untuk beli bahan makanan hewani seperti daging dan telur.

Sedangkan untuk kebutuhan beragam sayuran, dia cukup ke depan atau belakang rumah. Tinggal petik sesuai selera: mau bayam, kangkung, terong, atau tomat.

”Hemat, juga ada kepuasan batin,” kata aktris yang turut membintangi film Keluarga Cemara itu.

Asri memang sekarang sedang asyik-asyiknya berkebun di kediamannya di kawasan Cibubur, Jakarta Timur. Urban farming, istilah umumnya, yang juga bisa gampang ditemukan di berbagai wilayah perkotaan di penjuru tanah air belakangan.

Awalnya yang hobi bercocok tanam ibunda dan ayah mertua Asri. Namun, sejak aktivitasnya di dunia hiburan banyak yang terhenti selama pandemi Covid-19, Asri pun jadi ikut menekuni kegiatan serupa.

Asri kebetulan tengah mencari kegiatan yang cocok dilakukan bersama putranya, Ibam. “Selama pandemi, waktu Ibam kan banyak di rumah. Nah, dia butuh aktivitas yang bikin semangat bangun pagi, ya berkebun ini,” ujar aktris 41 tahun itu saat dihubungi Jawa Pos (gurp FAJAR) Jumat siang (10/7/2020).

Perempuan yang juga aktif sebagai penyiar radio itu lantas membeli bibit di Toko Trubus di kawasan Cimanggis, Depok. Di tempat tersebut, Asri juga mendapat penjelasan mengenai cara bercocok tanam. ”Sisanya saya belajar sendiri, sama belajar dari ibu dan mertua,” kata Asri.

Komentar

Loading...