Ini Hikmah dan Keutamaan Berkurban

Ilustrasi

FAJAR.CO.ID,JAKARTA– Kurban adalah ibadah yang dilakukan setahun sekali dan diperingati pada Hari raya Iduladha, setiap tanggal 10 Dzulhijjah. Pada 2020 ini, insyaa Allah Iduladha akan jatuh pada 31 Juli 2020.

Tidak ada alasan tak berbahagia di Hari Raya Idul Adha. Bagi umat Islam yang belum mampu berhaji, kurban jadi pengganti untuk tunjukkan taqwa pada-Nya. Karena terdapat beberapa keutamaan ibadah kurban. Ini juga momen berbagi besar-besaran di seluruh dunia.

Perintah berkurban hakikatnya adalah wajib bagi yang mampu. Hal tersebut berdasarkan hadist dan ayat Al-Qur’an berikut:

“Dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah Shalallahu alaihi wa sallam bersabda: Siapa yang memperoleh kelapangan untuk berkurban, dan dia tidak mau berkurban, maka janganlah hadir di lapangan kami (untuk Shalat Ied).” (HR Ahmad, Daru qutni, Baihaqi dan al Hakim).

“Maka laksanakanlah sholat karena Tuhanmu, dan berkurbanlah (sebagai ibadah untuk mendekatkan diri kepada Allah).” (Al-Kautsar: 2).

  1. Media Tingkatkan Taqwa Pada Allah Subhanahu Wa Ta’alaBarang siapa berkurban karena taqwa kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala, maka Allah akan menerima kurban tersebut menjadi amalan yang berat di sisi-Nya. Sebagaimana dalam surat Al-Maidah ayat 27: “Sesungguhnya Allah hanya menerima (kurban) dari orang-orang yang bertaqwa”.

Salah satu keutamaan kurban, yaitu kita membuktikan kepatuhan dan ketaatan kepada Allah SWT. Dengan begitu, Allah memerintahkan malaikat untuk memberikan kabar gembira pada hamba-hamba-Nya yang berkurban.

Komentar

Loading...