Ibu Positif Covid-19, ASIP Lebih Aman

GRAFIS/FAJAR

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Ibu menyusui yang positif covid-19 tidak perlu mengkhawatirkan air susunya. Tetapi untuk memberikan ke bayi, memerah lebih aman.

Spesialis Obgyn RS Ibnu Sina, Dr dr Nasrudin Andi Mappaware SpOG(K) mengatakan, memerah air susu ibu (ASI) mengantisipasi adanya paparan langsung virus ke bayi. Meski, menyusui langsung masih bisa jika mengikuti protokol kesehatan. “Itu karena sampai saat ini belum ada penelitian membuktikan bahwa bisa ditularkan melalui ASI. Begitupun melalui plasenta saat hamil,” katanya kepada FAJAR, Senin, 13 Juli.

Wakil Dekan Fakultas Kedokteran UMI ini menegaskan, jika kondisi ibu parah, memerah ASI tetap efektif, dan aman pada ibu meski dijalankan rutin. "Yang jelas dilakukan tetap teratur, perharinya jumlah perahannya sama,” ujarnya.

ASI perah (ASIP) jika disimpan di kulkas bisa tahan satu bulan. Sementara itu, untuk di frezer bisa sampai tiga bulan. Mantan Direktur RS Khadijah I ini menyampaikan, untuk yang masih bisa menyusui protokol kesehatan yang diutamakan. Sebab, menyusui pada bayi itu lebih baik.

Hal-hal yang perlu dilakukan jika menyusui langsung, mengenakan masker saat dekat dengan anak, termasuk saat menyusui. Mencuci tangan dengan sabun sebelum dan setelah menyentuh anak. Membersihkan atau mendisinfeksi permukaan barang yang sering tersentuh.

Hal yang sama disampaikan Spesialis Obgyn RSIA Budi Mulia, Dr dr Eddy R Moeljono SpOG (K) menambahkan, yang terpenting jika kondisi sang ibu sakit dan tidak memungkinkan untuk memberikan ASI secara langsung, maka disarankan untuk memerahnya. “Tetapi memberikan kepada anak melalui cangkir bersih, sendok atau dot yang betul-betul steril,” harapnya. (*)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Redaksi


Comment

Loading...