Naik 70 Persen Selama New Normal, Mardani: Penanganan Covid-19 Harus Dievaluasi Menyeluruh

Anggota Komisi II DPR, Mardani Ali Sera

FAJAR.CO.ID, JAKARTA-- Politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Mardani Ali Sera meminta pemerintah melakukan evaluasi total mekanisme penanganan virus corona (Covid-19).

Pasalnya, selama pemberlakukan era kebiasaan baru (New Normal) malah terjadi peningkatan jumlah pasien signifikan.

"Sebagai pembanding, jumlah pasien Covid-19 melonjak hampir 70% dlm 19 hari di awal New Normal diberlakukan. Pada Kamis 4/6/20, jumlah kasus masih 28.818, sedangkan pada Selasa 23/6/20 kasus Positif sudah mencapai 47.896 kasus," tulis Mardani di akun Twitternya, Selasa (14/7/2020).

Anggota DPR RI ini menyebutkan hingga kini puncak wabah corona di Indonesia belum bisa dipastikan. Meski Presiden Joko Widodo kembali memprediksi wabah ini akan memasuki fase puncak September mendatang.

"Terakhir, kita belum mengetahui kapan puncak pandemi terjadi. Pemerintah perlu mengevaluasi dan memperbaiki mekanisme penanganan Covid-19 secara menyeluruh, krn selama ini belum terlihat adanya indikator serta acuan yg jelas utk memonitor penekanan penyebaran Covid-19," ungkap Mardani.

Sebagai saran, Mardani meminta pemerintah tak hanya fokus pada penanganan dampak ekonomi dari Covid-19.

"Sampai saat ini Pemerintah terlihat lebih melakukan pendekatan penanganan ekonomi, padahal Covid adalah bencana kesehatan. Perlu pelibatan ahli kesehatan lintas sektor, tidak hanya sektor ekonomi," jelas Mardani.

Dia juga menyebutkan para pakar, selama ini dokumentasi data pada setiap wilayah tidak memiliki standar variabel yg seragam untuk setiap kasus.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Adi Mirsan


Comment

Loading...