Oranda Jadi Primadona saat Pandemi

ORANDA : Ikan mas koki jenis oranda jadi primadona saat pendemi. (AGUNG BAYU/BALI EXPRESS)

FAJAR.CO.ID,BALI-- Banyak cara dilakukan untuk mengurangi tingkt stress saat tetap berada di rumah. Ada yang menghabiskan waktu dengan cara berkebun, ada juga yang berternak. Namun tak jarang juga orang mencari hiburan lewat ikan hias.

Menempatkan beberapa ikan hias di satu sudut ruang rumah, tidak saja dapat mempercantik ruangan. Namun juga dapat menimbulkan rasa tenang bagi orang yang melihat ikan-ikan yang wara-wiri di dalam akuarium ataupun kolam.

Ikan yang paling banyak diminati untuk dipajang dalam kolam kaca atau aquarium adalah ikan mas atau goldfish. Selain corak warna yang terang, goldfish juga memiliki bentuk yang unik dan cantik. Hal inilah yang membuat orang betah berlama-lama memandangi ikan cantik ini.

Menurut hasil penelitian dari Environment and Behavior, melihat ikan berenang di akuarium atau kolam selama sepuluh menit, dapat menurunkan tekanan darah dan denyut jantung. Memelihara ikan juga bisa mengurangi stress karena terlalu lama berada dalam rumah untuk menerapkan social distancing ataupun physical distancing.

Penggemar goldfish yang juga penjual goldfish di kawasan Jalan Wijaya Kusuma, Dangin Puri Kangin, Denpasar Utara, Gede Agus Widia Siswantara mengatakan, ada kesenangan tersendiri saat memelihara ikan mas. Selain dapat menenangkan pikiran, memelihara ikan juga dapat menimbulkan rasa bahagia.

“Ada rasa senang aja gitu. Mungkin karena saya hobi ya. Kalau pelihara ikan itu, rasanya adem aja. Apalagi kalau di bowl kaca itu dikasi lampu, ikan-ikan yang warna warni ini looknya cakep bener,” kata Agus saat ditemui Selasa (14/7).

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Edy Arsyad


Comment

Loading...