Zona Merah, Operasional THM Tak Boleh Buka


FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Operasional Tempat Hiburan Malam (THM) bakal dihentikan. Pj Wali Kota Makassar, Rudy Djamaluddin ternyata belum memberi rekomendasi.

Di tengah upaya memutus penyebaran Covid-19, operasional THM dinilai belum layak. Sangat rawan menularkan virus. Apalagi, tak ada yang bisa memastikan protokol kesehatan betul-betul diterapkan.

“Kami belum rekomedasikan beberapa usaha hiburan itu buka. Kami melihat THM masih memiliki potensi penyebaran, karena sulitnya penerapan protokol kesehatan,” kata Rudy, Senin, 13 Juli.

Memang, saat ini Pemkot Makassar sudah memberi izin bagi beberapa jenis usaha. Namun, hanya untuk usaha-usaha yang tidak mengundang perkumpulan orang. Itu pun aktivitasnya tetap diawasi secara ketat.

“Kuncinya itu laksanakan protokol kesehatan dengan baik. Petugas kita jalan terus untuk memastikan itu. Jadi kalau kedapatan tentu akan kita berikan teguran dan sanksi,” sebutnya.

Asisten I Kota Makassar, M Sabri menegaskan, operasional THM harusnya belum dibuka. Rekomendasi resmi dari Pj Wali Kota Makassar belum ada.

“Kalau ada yang buka, saya akan cek. Kalau benar ada suratnya, itu berarti menyalahi aturan dan perintah pimpinan. Tapi kalau tidak ada surat resminya dari Dinas Pariwisata, berarti ilegal. Maka petugas akan turun untuk menutup,” tegas Sabri.

Menurutnya, aktivitas di THM rawan melahirkan klaster baru penyebaran virus korona. Apalagi Makassar masih menjadi episentrum penyebaran virus. Sulit sekali diawasi.

Komentar

Loading...