Jelang Iduladha, Dinas Peternakan: Ketersediaan Hewan Kurban Aman

ILUSTRASI

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Kepala Dinas Peternakan Provinsi Sulsel, Abdul Azis mengatakan, ketersediaan hewan kurban di Provinsi Sulawesi Selatan, jelang hari raya Idhuladha masih aman.

Ia menuturkan, pihaknya menyiapkan sekitar 70.000 hewan kurban. "Tahun ini, ketersediaan hewan kurban kita sampai 70 ribu, karena pengalaman tahun kemarin, sapi yang kita qurbankan khusus di Sulawesi Selatan kurang lebih 40. 675 ekor," ucapnya pada Rabu (15/7/2020).

"Sedangkan, kambing kurang lebih 4.000, kerbau lebih 100 jadi saya kira kalau kita siapkan 70 khusus Sulsel sudah aman," sambungnya

Abdul Azis menjelaskan, pelaksanaan kurban diatur dalam Peraturan Menteri Pertanian Nomor 114/Permentan/ PD.410/9/2014 tentang Pemotongan Hewan Kurban.

Sehubungan dengan pelaksanaan pemotongan hewan kurban, di tengah pandemi virus corona, pemerintah telah mengeluarkan standar operasional dalam pelaksanaannya.

"Standar operasional itu sudah diketahui oleh tiap kabupaten/kota. Jadi kita ini di provinsi sisa melakukan monitoring dan evaluasi pelaksanaan dari pada pemotongan hewan kurban sapi ini," tandasnya. (anti/fajar)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Muhammad Nursam


Comment

Loading...