NTB Provinsi Pertama Gelar Virtual Geotourism Festival

WISATA DIGITAL: Wagub NTB Hj Sitti Rohmi Djalilah (kiri) membuka acara Geotourism Festival 2020 di pendopo wagub NTB, Rabu (15/7/2020).

FAJAR.CO.ID,MATARAM — Pandemi covid-19 bukan penghalang untuk memperkenalkan geowisata NTB. Dengan konsep wisata virtual, kekayaan alam NTB bisa dikenal lebih luas dunia internasional.

”Saat ini terasa betul manfaat teknologi, walau pun pandemi kita bisa ketemu melalui ini (virtual),” kata Wakil Gubernur NTB Hj Sitti Rohmi Djalilah usai membuka Geotourism Festival 2020 di pendoponya, Rabu (15/7/2020).

Menurutnya, kondisi ini justru menjadi pemantik semangat untuk tetap menghidupkan pariwisata. Pandemi memang menghambat industri pariwisata. Tetapi tantangan itu justru harus dijadikan peluang. ”Kita menghadirkan pariwisata yang bersih, sehat, aman, dan ramah lingkungan,” katanya.

Hal itu sejalan dengan misi pembangunan NTB yang mengedepankan pelestarian lingkungan. ”Tidak ada lagi pembangunan yang merusak lingkungan, apalagi kita sudah menjadi geopark dan cagar biosfer dunia,” tegasnya.

Masa pandemi, kata Rohmi, menjadi kesempatan menyiapkan para pelaku UMKM. Meski tidak bisa menggelar event langsung, namun teknologi bisa dimaksimalkan. ”Di masa pandemi kita tidak boleh off. Salah satu cara agar tetap produktif kita cari ide-ide yang bisa dilaksanakan secara virtual,” ujarnya.

Meski wisata virtual tidak mendatangkan wisatawan secara langsung, baginya tidak masalah. Menurutnya itu merupakan tuntutan keadaan. ”Bisa jadi ini efektifvitasnya lebih tinggi, yang ikut bisa ratusan bahkan ribuan orang,” katanya.

Wisata virtual justru semakin membuka peluang wisatawan dari luar mengenal lebih dalam tentang kekayaan alam NTB.

Komentar

Loading...