Obat Pengencer Darah Pasien Kardiovaskular Disetujui untuk Netralisir Virus Corona

Ilustrasi virus Covid-19 (Nexu Science)

FAJAR.CO.ID — Masyarakat mengenal obat heparin adalah obat antikoagulan atau obat pengencer darah yang biasa diberikan pada pasien kardiovaskular. Sebuah studi baru-baru ini menunjukkan.

bahwa heparin, obat yang biasa digunakan untuk mengobati trombosis vena ternyata bisa menjadi mekanisme yang kuat dalam memerangi Covid-19.

Dilansir dari Science Times, Kamis (16/7), penggunaan obat itu sudah disetujui oleh Administrasi Makanan dan Obat-obatan (FDA). Fungsinya dapat digunakan sebagai perangkap untuk menetralisir penyebaran virus SARS-CoV-2, yang menyebabkan Coronavirus, menginfeksi sel manusia.

Coronavirus menyerang tubuh menggunakan protein permukaan untuk melekat pada sel manusia. Virus ini menyerang dengan menempel pada sel-sel sehat, lalu mereka kemudian memulai infeksi. Namun, heparin atau pengencer darah bisa berikatan kuat dengan protein di permukaan, dan mencegah perluasan infeksi.

Penulis penelitian percaya bahwa heparin dapat dimasukkan ke dalam tubuh menggunakan nebulizer atau semprotan hidung. Lalu kemudian akan mengganggu pengikatan virus, sehingga menurunkan kemungkinan infeksi. Para ahli juga menggunakan pendekatan yang sama dengan menggunakan umpan dalam virus lain seperti influenza A, demam berdarah, dan Zika.

Menurut Penulis Utama Robert Linhardt, pendekatan ini dapat digunakan sebagai intervensi awal, terutama pada pasien yang positif Covid-19 yang tidak menunjukkan gejala. Profesor kimia dan biologi kimia di Rensselaer Polytechnic Institute itu menambahkan berbagai terapi harus diupayakan untuk mengendalikan penyebaran virus sampai vaksin ditemukan. Temuan lengkap dari penelitian ini diterbitkan pekan ini di Antiviral Research.

Komentar

Loading...