Penelitian! Puasa Senin-Kamis yang Sangat Banyak Manfaatnya

Bukapuasa di Masjid Nabawi Madinah.

FAJAR.CO.ID — Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa berpuasa dapat memberikan manfaat bagi kesehatan. Mulai dari menurunkan tekanan darah, berat badan hingga kolesterol. Begitu juga dengan puasa Senin Kamis. Setidaknya ada 15 manfaat Puasa Senin Kamis.

Berbeda dari puasa Ramadan yang dilakukan selama 30 hari. Umat Muslim memiliki puasa sunnah yang dilakukan hanya 2 kali dalam seminggu yaitu Senin dan Kamis. Puasa Senin Kamis sangat dianjurkan oleh Rasulullah SAW.

Berikut ini beberapa keutamaan puasa senin kamis yang patut anda ketahui :

Senin dan kamis adalah hari dimana pintu-pintu surga dibuka; sehingga pada kedua hari tersebut, seluruh dosa-dosa yang telah dilakukan oleh umat muslim seperti Dosa yang Tak Terampuni Oleh Allah SWT akan mendapatkan pengampunan dari Allah SWT, kecuali bagi mereka yang sedang bermusuhan.(Baca : Puasa Mutih Sebelum Menikah)

Dari Abu Harrairah ra, Bahwasannya Rasulullah Sholallahu Alaihi Wassalam bersabda :

تُفْتَحُ أَبْوَابُ الْجَنَّةِ يَوْمَ الاثْنَيْنِ وَيَوْمَ الْخَمِيسِ فَيُغْفَرُ لِكُلِّ عَبْدٍ لاَ يُشْرِكُ بِاللهِ شَيْئًا إِلاَّ رَجُلاً كَانَتْ بَيْنَهُ وَبَيْنَ أَخِيهِ شَحْنَاءُ، فَيُقَالُ: أَنْظِرُوا هَذَيْنِ حَتَّى يَصْطَلِحَا، أَنْظِرُوا هَذَيْنِ حَتَّى يَصْطَلِحَا، أَنْظِرُوا هَذَيْنِ حَتَّى يَصْطَلِحَا

Artinya:

“Pintu-pintu Surga dibuka pada hari Senin dan Kamis. Maka semua hamba yang tidak menyekutukan Allah dengan sesuatu apapun akan diampuni dosa-dosanya, kecuali seseorang yang antara dia dan saudaranya terjadi permusuhan. Lalu dikatakan, ‘Tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai, tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai, tundalah pengam-punan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai.” (HR. Muslim)

Komentar

Loading...