Sering Terjadi Bencana, NH Minta Fraksi Golkar Perhatikan Izin Tambang

Nurdin Halid

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Sejumlah bencana di tanah air tak lepas dari faktor alam dan ulah manusia sendiri. Termasuk musibah banjir yang menimpa puluhan rumah dan menelan korban jiwa di Masamba, Luwu Utara.

Wakil Ketua DPP Partai Golkar, Nurdin Halid (NH), mengatakan, pemerintah provinsi seharusnya tidak mudah memberi izin pembukaan lahan di daerah. Karenanya, dia akan meminta Fraksi Golkar di DPR RI meninjau soal proses izin tambang dan minerba yang selama ini berlaku.

Di mana pemerintah daerah tidak lagi dilibatkan dalam kebijakan tersebut. Menurutnya, minimal ada keterlibatan pemerintah daerah dalam proses perizinan tambang dan minerba. “Seharusnya pemerintah pusat dan provinsi tidak beri izin untuk (pembukaan lahan) kawasan hutan. Ada faktor manusia. Erosi terjadi karena perambahan hutan,” kata NH, Kamis, 16 Juli 2020.

Saat ini pemerintah daerah kabupaten kota harus bisa mengatasi persoalan ini. NH yang juga Ketua Golkar Sulsel ini sudah menggerakkan tim Golkar Peduli untuk turun langsung memberi bantuan ke Masamba, 18 Juli besok. Dia telah meminta Ketua Golkar Lutra, Muhammad Fauzi, yang juga suami dari Bupati Lutra, Indah Putri Indriani untuk segera kondisikan soliditas dan mengambil langkah birokratif untuk membantu rakyat.

“Bantuan sudah terkumpul. Juga dari kader untuk memberi sumbanan sekecil apapun. Se Sulsel. Seluruh fraksi DPRD se-Sulsel,” bebernya.

Komentar

Loading...