Kesaksian Mandra soal Kondisi Omas sebelum Meninggal

Seniman Betawi Mandra (Abdul Rahman/JawaPos.com)

FAJAR.CO.ID — Beredar sejumlah foto komedian Omaswati alias Omas di media sosial tidak lama setelah ia berpulang pada Kamis (16/7) malam. Dalam foto terlihat Omas dalam kondisi sudah sangat kurus tengah terbaring di tempat tidur.

Mandra, seniman Betawi yang juga kakak kandung Omas membenarkan bahwa kondisi adiknya itu beberapa bulan belakangan menurun drastis. “Terakhir kali saya lihat memang drop, badannya jadi kurus,” aku Mandra saat ditemui di rumah duka di bilangan Depok, Jawa Barat.

Pelawak yang tutup umur di usia 54 tahun itu, kata Mandra, selalu berusaha meyakinkan keluarga dan orang-orang terdekat bahwa dirinya tidak mengalami sakit yang serius. Tiap kali mau dibawa ke rumah sakit, Omas selalu menolak dengan alasan sakitnya itu cuma kelelahan dan bisa sembuh sendiri dengan beristirahat yang cukup.

Omas sengaja melakukan hal itu supaya tidak merepotkan keluarga dan orang-orang terdekat. Mandra sendiri mengaku baru tahu ada sejumlah penyakit serius bersarang di tubuh Omas setelah dibawa ke rumah sakit. Selama ini, meskipun merasakan sakit, Omas berusaha merahasiakannnya dari keluarga supaya tidak membuat mereka panik.

“Dia berusaha mandiri, nggak mau ketergantungan sama orang lain. Jangankan sama orang, sama saudara aja dia nggak mau,” kata Mandra.

Lebih lanjut diungkapkan Mandra bahwa Mastur, adiknya dan Omas, sempat membujuk almarhumah supaya mau dibawa ke rumah sakit. Namun Omas sempat melayangkan penolakan. “Mastur sampai paksa untuk bawa ke rumah sakit. Di sana Mastur kena marah-marah,” ucap Mandra. (jpc/fajar)

Komentar

Loading...