Lima Hari Pasca Banjir Lutra, Ruas Jalan Trans Sulawesi Berangsur Membaik

FOTO: DOK.FAJAR

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Banjir bandang yang melanda enam kecamatan di Luwu Utara dan membuat ruas jalan trans Sulawesi tertutup material lumpur. Lima hari pasca banjir, kondisi Lutra kini berangsur membaik.

Hal itu diungkapkan Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Provinsi Sulawesi Selatan Endro Yudo Waryono, Jumat (17/7/2020).

“Kondisi jalan secara bertahap mulai berangsur membaik dan bisa diakses untuk kelancaran kendaraan roda empat,” ucapnya.

Sehingga, untuk pendistribusian logistik ke titik-titik pengungsian, kata dia, kini bisa tersampaikan ke warga yang terdampak banjir dengan lebih mudah.

Ia mengungkapkan, ketersediaan air bersih sangat dibutuhkan. Pasalnya, hingga saat ini, sumur dan sumber mata air lainnya masih tertimbun lumpur.

“Sekarang air bersih agak sulit, jadi kita siapkan penampungan air, kita sediakan dapur umum dan ada tim kesehatan dan relawan yang membantu,” urainya.

Sebelumnya, Kepala Pelaksana BPBD Luwu Utara, Muslim Muchtar mengatakan hal yang sama.

Muslim mengaku untuk kebutuhan warga Lutra dalam waktu singkat di antaranya alat isap untuk air bersih, tempat penampungan air bersih, sanitasi portabel, lampu portabel, makanan, susu, popok, alat berat pc 100 dan bantuan logistik lainnya.

Tragedi banjir bandang di Masamba, Luwu Utara, Sulawesi Selatan, terjadi pada Senin (13/7/2020). Peristiwa itu merenggut puluhan korban jiwa. Dilaporkan, hingga saat ini sebanyak 32 orang meninggal dunia dan 16 orang masih dalam pencarian. (anti/fajar)

Komentar

Loading...