Maju di Musda Golkar, Bupati Pangkep Siap Tantang Kerabat Nurdin Halid

Panitia Musda X Golkar Sulsel

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR– Penjaringan bakal calon ketua Golkar Sulsel baru dibuka Sabtu, 18 Juli hingga, Minggu, 19 Juli. Adik Nurdin Halid bakal ditantang Syamsuddin Hamid yang saat ini menjabat bupati Pangkep. Maklum, baru dua kader ini menyatakan siap maju.

Maju di musyawarah daerah (musda) X Partai Golkar ini, calon harus memiliki dukungan. Syaratnya, harus mengamankan atau mengantongi dukungan 30 persen pemegang hak suara. Jika dikalkulasi dengan jumlah suara yang akan diperebutkan, setiap calon minimal mengantongi dukungan 9 suara.

“30 persen itu harus dibuktikan dengan dengan surat suara dukungan yang ditandatangani ketua dan sekretaris,” kata Ketua Stering Committee (SC) Musda X Golkar Sulsel, Arfandy Idris.

Asal tahu saja, di musda nanti, bakal calon ketua DPD Golkar Sulsel akan memperebutkan 30 suara.

Pemilik 30 suara itu berasal dari DPD Golkar kabupaten dan kota berjumlah 24. Kemudian, satu suara masing-masing milik DPP Golkar, DPD I Golkar Sulsel, dewan pertimbangan, organisasi pendiri, organisasi didirikan, dan organisasi sayap partai beringin rimbun ini.

Menurut Arfandy Idris, musda kali ini memang sedikit berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Di mana, sistem penjaringan dan pencalonan dilakukan panitia pengarah sebelum musda digelar. “Jadi sebelum Musda digelar sudah ada bakal calon,” katanya.

Adapun tahapan pencalonan terdiri dari tiga tahap. Dimulai dari tahapan penjaringan, pencalonan, dan pemilihan. Panitia Musyawarah Daerah (Musda) X tahun 2020 membuka pendaftaran Bakal Calon Ketua Golkar Sulsel mulai 18 -19 Juli 2020. Selanjutnya pengembalian formulir dilakukan pada 20-21 Juli 2020. Calon ditetapkan, Selasa, 21 Juli.

Komentar

Loading...