Manfaat Serat untuk Pencernaan, Ahli Gizi Ungkap Ini


FAJAR.CO.ID — Kurang serat dalam tubuh bisa menyebabkan berbagai masalah pada kesehatan. Salah satunya gangguan pencernaan, sembelit, bahkan daya tahan tubuh melemah. Sebab banyak penyakit yang bersumber dari usus.

Menurut Ahli Gizi dr. Hilna Khairunisa M. Gizi, Sp. GK, pencernaan sehat sama dengan imunitas kuat. Pencernaan sehat dan lancar akan bersih dari kotoran serta racun yang menumpuk dalam saluran pencernaan. Sehingga penyerapan nutrisi lebih optimal.

“Diketahui 70 persen sel imun terdapat di pencernaan, maka dengan pencernaan sehat otomatis imunitas pun kuat,” katanya kepada wartawan baru-baru ini.

Nah, untuk mendapatkan pencernaan yang sehat, maka asupan serat pun harus tercukupi. Tapi sayangnya, masyarakat belum terlalu sadar akan kebutuhan serat.

Dewasa ini masyarakat modern terutama di kota-kota besar masih dalam kondisi kekurangan serat. Sesuai dengan laporan Riset Kesehatan Dasar (RISKESDAS) 2018 yang menyebutkan 95,4 persen masyarakat Indonesia kurang konsumsi buah dan sayur.

Untuk itu, usahakan untuk tetap konsumsi buah dan sayur. Kalau pun merasa belum cukup, Nutritionist FibreFirst Nabilah S. Gz menilai suplemen serat bisa menjadi alternatif membantu menyehatkan dan melancarkan pencernaan.

“Sehingga ketika tubuh cukup serat, biasanya menimbulkan efek ke belakang (BAB) di keesokan paginya”, kata Nida.

Bagi sebagian besar masyarakat, susah BAB memang sangat mengganggu, perut terasa penuh namun kotoran tak juga keluar meski sudah berlama-lama di toilet. Dewasa ini bisa rutin BAB satu kali sehari saja sudah merupakan hal yang patut disyukuri.

Komentar

Loading...