Pasukan Elite TNI AL Menceburkan Diri ke Laut, Ada Apa?

Prajurit Satuan Komando Pasukan Katak (Satkopaska) Koarmada II melaksanakan latihan secara disiplin dan rutin yakni latihan renang melintasi Selat Madura, pada Jumat (17/7). Foto: Humas Dispen Koarmada II.

FAJAR.CO.ID,JAKARTA — Sebagai pasukan khusus TNI AL, prajurit Satuan Komando Pasukan Katak (Satkopaska) Koarmada II wajib menjaga performa mereka dengan melaksanakan latihan secara disiplin dan rutin.

Untuk itulah para prajurit tangguh tersebut melaksanakan Latihan Renang melintasi Selat Madura, pada Jumat (17/7). Sebelum pasukan elite TNI AL yang berjumlah 42 orang ini bergerak dan menceburkan diri ke laut, terlebih dulu mereka mendapat pengarahan dari Komandan Satkopaska Koarmada II Kolonel Laut (T) Ariyadi.

“Kegiatan rutin ini dilaksanakan dalam rangka Latihan K1 Satkopaska yang digelar per tiga bulan. Tujuannya untuk melatih dan memelihara kemampuan prajurit Detasemen Kopaska sebagai perenang tempur yang siap melaksanakan tugas-tugas, baik di darat, udara, dan khususnya di laut,” tegas Ariyadi kepada seluruh prajurit.

Saat pelaksanaan tiba, mereka harus mampu berenang menempuh jarak sejauh 4.000 meter, yang dimulai dari Dermaga Batuporon, Madura dan finis di Dermaga Ponton Gurita, Dislambair, Koarmada II.

Serda Jefry tercatat sebagai perenang tercepat dengan capaian waktu 55 menit, sementara perenang berikutnya yakni Klk Nur Rohman dengan selisih waktu 2 menit.

“Sebagai alat bantu mereka menggunakan Fin dan masker. Dan, selain jarak tempuh yang lumayan jauh, tantangan peserta dalam renang melintasi Selat Madura ini adalah arus laut yang cukup kuat dan mewaspadai sengatan ubur-ubur serta benang laut,” terang Ariyadi yang ikut mengawasi selama latihan berlangsung.

Komentar

Loading...