Waspada Mikrodroplet dalam Ruangan

Waspada bekerja dalam ruangan

FAJAR.CO.ID –Akhir-akhir ini paparan virus korona melalui mikrodroplet santer beredar. Ruang tertutup dengan penggunaan AC sentral disebut paling rentan jadi tempat persebaran.

Berada di ruang tertutup dengan AC tanpa menggunakan masker dengan benar, yakni menutupi hidung, mulut, hingga dagu membuat penyebaran virus melalui mikridroplet mudah terjadi. Apalagi jika ruangan tersebut sirkulasi udaranya tidak berjalan dengan baik. Partikel-partikel droplet ini tertahan melayang-melayang cukup lama di udara. Penularan virus melalui udara dapat terjadi pada jarak lebih dari satu meter. Sedangkan melalui percikan (droplet) terjadi pada jarak kurang dari satu meter.

“Aktivitas rapat dalam ruangan paling rentan memberi paparan,” ujar Ahli Kesehatan Lingkungan, Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) UMI, Dr Alfina Baharuddin SKM MKes, kepada FAJAR, kemarin.

Hal itu didasari dengan hasil penelitian yang menunjukkan, bahwa udara yang diembuskan oleh penderita Covid-19 memungkinkan transmisi virus melalui aerosol. Sejumlah tetesan pernapasan menghasilkan aerosol mikroskopis ketika seseorang menguap, bernapas, dan berbicara. “Dengan demikian, seseorang dapat terinfeksi virus ketika menghirup aerosol yang memiliki proporsi cukup untuk menyebabkan infeksi. Namun, belum diketahui secara pasti berapa banyak proporsinya untuk bisa menginfeksi orang lain,” katanya.

Terpisah, Ketua Tim Konsultan Pengendalian Covid-19 Sulsel, Prof Ridwan Amiruddin menyarankan tidak menurunkan masker ke dagu. “Jika ingin melepas, baiknya langsung lepas,” tegasnya.

KONTEN BERSPONSOR

Komentar