Ikan Asap Mudah Tercemar Bakteri Listeria

Ilustrasi/FAJAR

FAJAR.CO.ID — Leher kaku, kejang-kejang, hingga sakit kepala berat usai mengonsumsi makanan adalah ciri infeksi listeria. Segera ke dokter untuk memastikannya.

Belum lama ini, jamur enoki asal Korea Selatan disebut terkontaminasi bakteri listeria hingga harus dihilangkan dari pasaran. Namun, sejatinya bakteri tersebut ditemukan pada makanan yang tidak higienis.

Dosen Teknologi Pangan Sehat dan Pangan Fungsional, Universitas Hasanuddin, Ir Nurlaila Abdullah MS mengatakan, selain pada enoki, bakteri listeria monocytogenes banyak dijumpai pada ikan mentah atau yang hanya diasapi. Juga makanan laut yang dimakan mentah. Terlebih, jika makanan tersebut hanya dicuci pada air sumur langsung, bukan air bersih yang yang mengalir dan telah melalui proses penyaringan.

“Sebetulnya bisa mencuci dengan air biasa, tetapi sebelum dikonsumsi harus ada perlakuan khusus pada makanan tersebut. Perlakuan itu misalnya, memberikan air cuka atau asam,” ujarnya kepada FAJAR, Jumat, 18 Juli.

Untuk mencegah terinfeksi listeria, Nurlaila menyarankan agar mengindari mengonsumsi ikan asap dingin seperti salmon, bandeng, dan tuna yang tidak disimpan di lemari es. Untuk ikan asap yang sudah disimpan di kaleng atau dalam lemari es, masak terlebih dahulu baru baik dikonsumsi.

Selain itu, beberapa makanan yang dianggap rentan antara lain, susu, keju mentah, sayuran mentah yang dibiarkan tinggal berjam-jam, buah mentah, buah olahan, serta unggas mentah atau kurang matang. “Makanan cepat saji atau langsung makan seperti sosis dan hot dog juga rentan,” ucapnya.

Komentar

Loading...