Kabar Baik! Peneliti Singapura Temukan Antibodi yang Bisa Netralisir Virus Corona

ilustrasi covid-19

FAJAR.CO.ID– Kabar baik datang dari peneliti Singapura. Tim peneliti berhasil menemukan antibodi yang dapat menetralkan virus Korona pada pasien Covid-19.

Mereka telah menemukan antibodi yang merupakan elemen kunci dari sistem kekebalan tubuh manusia. Antibodi mencegah virus membajak sel manusia, atau mereplikasi di dalamnya.

Temuan ini dilakukan oleh para ilmuwan dari Pusat Nasional untuk Penyakit Menular (NCID) dan Badan Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Penelitian (A*Star) pada Jumat (17/7). Penemuan mereka dapat membuka jalan bagi diagnosis yang lebih baik untuk mengidentifikasi orang yang sembuh dari infeksi tanpa gejala, atau sebagai pengobatan untuk pasien.

“Penelitian ini juga dapat memandu penemuan vaksin, atau memvalidasi keefektifan vaksin,” kata para peneliti seperti dilansir dari AsiaOne, Sabtu (18/7).

Direktur Eksekutif NCID, Profesor Leo Yee Sin, mengatakan Sars-CoV-2 telah menantang komunitas ilmiah internasional dengan banyak pertanyaan yang belum terpecahkan. Tetapi penemuan terbaru oleh tim Singapura ini telah menjelaskan tentang kunci yang tidak diketahui. Yaitu mekanisme pertahanan tubuh manusia terhadap virus.

Sebagai contoh, satu yang tidak diketahui adalah berapa lama antibodi akan bertahan pada pasien yang pulih. NCID akan terus memantau kadar antibodi pada pasien yang pulih selama dua tahun ke depan.

Penemuan terbaru ini diterbitkan dalam dua jurnal ilmiah Nature Communications dan The Lancet. Membahas jenis antibodi spesifik yang dapat mencegah virus membajak sel manusia, atau mencegahnya menggandakan diri di dalam sel manusia.

Komentar

Loading...