Pemprov Bangun Hunian Sementara untuk Pengungsi Masamba

Pengungsi banjir Masamba menempati tenda darurat.

FAJAR.CO.ID, MASAMBA– Pemerintah Sulsel akan membangun hunian sementara untuk masyarakat pengungsi yang terdampak bencana banjir bandang di Masamba Luwu Utara.

Gubernur Sulsel, HM Nurdin Abdullah, Sabtu (18/7/2020), memastikan semua pengungsi yang rumahnya tertimbun material pasir dibawa banjir Masamba, akan mendapatkan fasilitas hunian dengan model knock down atau bongkar pasang.

“Pemerintah tidak akan membiarkan rakyat di sana (Masamba) tidur dan hidup di bawah tenda terpal. Nanti akan muncul masalah baru, penyakit kalau mereka tetap hidup di bawah tenda,” jelas Bupati Bantaeng Periode 2008 – 2018, usai meninjau kondisi di Masamba selama tiga hari terakhir.

Gubernur meninjau bencana banjir Masamba bersama Pangdam XIV Sultan Hasanuddin Mayjen TNI Andi Sumangerukka, Kapolda Sulsel Irjen Pol Mas Guntur Laupe, dan Kajati Sulsel Firdaus Dewilmar, dan Kepala Dinas PUPR Sulsel Prof Rudy Djamaluddin.

Di lokasi bencana, Nurdin Abdullah di hari pertama tinjauan bersama Menteri PUPR Mochamad Baseoki Hadimoeljono. Sementara di hari kedua kunjungan bersama Menteri Sosial Juari Batubara dan Kepala BNPB Mayjen Doni Monardo.

Para menteri dan Kepala BNPB ke Masamba Luwu Utara atas instruksi Presiden RI Joko Widodo untuk menoercepat pemulihan dampak bencana Masamba

Hunian sementara khusus untuk pengungsi ini, akan dibongkar jika sudah jadi rumah permanen. “Ini akan disimpan karena wilayah kita rawan bencana,” jelas Nurdin Abdullah.

Komentar

Loading...