AS Buka Pesan Rahasia Covid dari Wuhan

Minggu, 19 Juli 2020 20:30

Seorang pekerja medis berpelukan dengan koleganya sesama tim kesehatan dari Jiangsu di Stasiun Kereta Wuhan pada 19 Maret 2020, setelah tim dari Jiangsu meninggalkan kota yang pertama kali melaporkan wabah vurus corona.(China Daily via Reuters) Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Virus Corona, China Bakal Cabut Lockdown Wuhan pada 8 April", https://www.kompas.com/global/read/2020/03/24/155239570/virus-corona-china-bakal-cabut-lockdown-wuhan-pada-8-april?page=all. Penulis : Ardi Priyatno Utomo Editor : Ardi Priyatno Utomo

Sebelumnya, Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo menyatakan bahwa virus corona yang kini mewabah ke seluruh penjuru dunia berasal dari laboratorium WIV dan lolos hingga akhirnya menyebar.

Tidak hanya itu, Pompeo juga menuding Pemerintah China telah gagal membendung pandemi virus corona. 

Negeri Tirai Bambu juga dianggap tidak transparan dalam memberikan informasi soal perkembangan virus corona. Namun, penilaian dari para ilmuwan dan sekutu intelijen AS menyatakan tidak mungkin virus itu berasal dari laboratorium. 

Saat ini, komunitas intelijen AS mengatakan mereka sedang mencari kedua kemungkinan tersebut.

Data Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organizations/WHO) mencatat ada 259 ribu kasus baru virus corona di dunia per Sabtu (18/7). 

Secara total, ada 13,87 juta kasus virus corona. Dari jumlah itu, 593 ribu orang meninggal dunia. (uli/bir)

Bagikan berita ini:
1
6
4
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar