Diperiksa 14 Jam, Ini Perkembangan Terbaru Andi Hadi Ibrahim Baso


FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – 14 jam lamanya, Andi Hadi Ibrahim Baso diperiksa sebagai tersangka oleh Sat Reskrim Polrestabes Makassar.

Penyidik belum juga menahan anggota DPRD Kota Makassar hingga kini. Kapolrestabes Makassar, Kombes Yudhiawan mengatakan, legislator tersebut tidak ditahan bukan karena dia adalah seorang wakil rakyat.

“Tidak. Kita menyangkut masalah itunya. Semua sama di mata hukum. Tidak ada pertimbangan. Secara teknis, memang penyidik yang punya tanggung jawab,” tegas Yudhiawan, Minggu (19/7/2020).

Andi Hadi tetap akan menjalani pemeriksaan dalam beberapa waktu ke depan, jika sewaktu-waktu diperlukan oleh penyidik.

Status tersangka legislator dari fraksi Partai Kesejahteraan Rakyat (PKS) itu sudah pasti. Namun karena ada beberapa pertimbangan, penyidik belum juga menahan Andi Hadi dan temannya, Andi Nur Rahmat

“Dia memang diperiksa sebagai tersangka. Dari pertimbangan penyidik, belum dilakukan penahanan. Mungkin masih ada pemeriksaan lanjutan,” ujar Yudhiawan.

Sebelumnya, polisi telah tetapkan dua tersangka kasus pengambilan jenazah Covid-19 di RSUD Daya, Kota Makassar, pada Juni 2020 lalu.

Kabid Humas Polda Sulsel, Kombes Ibrahim Tompo mengatakan pendalaman kasus yang dilakukan penyidik menetapkan dua tersangka itu setelah adanya bukti-bukti permulaan.

“Penetapan tersangka ditetapkan pada hari tanggal 10 Juli 2020, setelah dilaksanakan gelar perkara,” kata Ibrahim.

Para tersangka ini akan dikenakan Pasal 214, 335, 336 KUHP dan Pasal 93 UU Nomor 6 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan, dengan ancaman hukuman sampai tujuh tahun penjara. (ishak/fajar)

Komentar

Loading...