Kebutuhan Dalam Negeri Melonjak, Kemenperin Genjot Industri Sepeda Nasional

Kebutuhan sepeda melonjak saat pandemi.

FAJAR.CO.ID, JAKARTA -- Tingginya permintaan pasar menjadi peluang yang baik bagi industri sepeda nasional agar lebih memacu kapasitas produksinya.

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mendorong pengembangan industri sepeda di tanah air agar bisa berdaya saing dan mampu memenuhi kebutuhan pasar domestik hingga ekspor.

"Kebutuhan sepeda di dalam negeri melonjak signifikan di masa pandemi Covid-19, dengan mencapai lebih dari 8-9 juta unit. Baik untuk sepeda dewasa maupun anak-anak," jelas Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita lewat keterangan resminya yang diterima fajar.co.id, Minggu (19/7/2020).

"Kita melihat tren pembelian sepeda oleh masyarakat semakin besar, ini menjadi momentum yang sangat tepat bagi pabrikan untuk meraih pasar tersebut dengan menambah produksi," tuturnya.

Kemenperin menginginkan semua komponen sepeda bisa diisi oleh imdustri dalam negeri termasuk sektor industri kecil menengah (IKM).

Agus Gumiwang menjelaskan, khusus untuk sepeda kelas ekonomi, hampir semua komponen itu bisa diproduksi dari pabrik ini sendiri. Selain itu, perusahaan telah bekerja keras memenuhi lonjakan permintaan kosumen domestik, dengan menambah dua shift kerja.

Ia optimistis, dengan dukungan sumber daya manusia kompeten dan memanfaatkan teknologi modern, industri sepeda nasional mampu ambil bagian di kancah global.

"Apalagi anak bangsa kita punya kemampuan yang tinggi untuk memproduksi apapun, termasuk sepeda dan aksesorisnya," ujarnya.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Muhammad Nursam


Comment

Loading...