Masih Berpotensi Hujan Lebat, BNPB Imbau Warga Luwu Utara Selalu Waspada

Rewalan PMI dan warga berusaha mencari korban. (Foto: IST)

FAJAR.CO.ID — Hujan dengan intensitas sedang hingga lebat masih berpotensi terjadi di wilayah Masamba, Luwu Utara.

Hal itu diungkapkan Prakirawan BMKG Wilayah IV Makassar, Rizky Yudha, saat dikonfirmasi fajar.co.id, Minggu (19/7/2020).

“Diprakirakan hingga tanggal 24 masih berpotensi terjadi hujan sedang hingga lebat di Wilayah Luwu Utara,” ucapnya via pesan WhatsApp.

Banjir bandang menyeret puluhan rumah warga di Masamba dan menjadi banjir terparah di Luwu Utara itu, diperkiraan terjadi karena debit air hujan yang cukup tinggi. Hingga tiga sungai di Luwu Utara meluap, yakni Sungai Radda, Sungai Masamba, dan Sungai Sabbang.

Sebelumnya, hujan terjadi pada hari Jumat (17/7/2020) malam pukul 22.00 WITA sampai 23.00 WITA dengan intensitas lebat. Kemudian hujan kembali terjadi pada Sabtu (18/7/2020) pada pukul 14.00 WITA sampai 14.15 WITA serta pada pukul 16.00 WITA sampai 16.10 WITA dengan intensitas sedang.

Meski Luwu Utara masih berpotensi hujan sedang hingga lebat, namun Rizky Yudha menekankan, sebagian wilayah di Sulawesi juga masih berpotensi turun hujan seperti Sulawesi Utara bagian utara, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat dan Sulawesi Selatan.

Mengingat adanya potensi hujan dari BMKG, Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Raditya Jati mengimbau, kepada pemerintah daerah dan masyarakat, khususnya Kabupaten Luwu Utara agar selalu waspada dan dapat mempersiapkan upaya mitigasi.

Komentar

Loading...