Mengapa Ayat Kursi Sangat Istimewa untuk Dibaca Setiap Hari

Rutin membaca ayat kursi/FAJAR

FAJAR.CO.ID — Ayat kursi merupakan salah satu ayat yang sering dibaca umat Islam. Terutama sebagai salah satu bagian wirid setelah shalat lima waktu. Ayat ke-255 surah al-Baqarah ini dimanakan ayat ‘kursi’ karena menjabarkan tentang kursi Allah SWT yang meliputi langit dan bumi. 

Menurut Syaikh Umar Sulaiman Al Asyqar pernah menuliskan di dalam kitab tafsir Zubdat At Tafsir yang merupakan rangkumaan dari kitab tafsir Imam Asy Syaukani bahwa yang paling baik digunakan untuk melawan jin yang masuk ke dalam tubuh manusia adalah dzikrullah(ingat kepada Allah) dan bacaan Al Qur’an. 

Dan yang paling besar dari itu ialah bacaan ayat Kursi, karena sesungguhnya orang yang membacanya saat ingin tidur, maka akan selalu dilindungi oleh penjaga dari Allah dan ia tidak akan didekati oleh setan sampai Subuh (pagi), Minggu (19/07/2020).

Perlu diketahui, surat ayat kursi diturunkan pada suatu malam setelah Hijrah. Menurut riwayat, ketika surat ayat Kursi diturunkan itu diiringi beribu-ribu malaikat karena kebesaran dan kemuliannya. Dunia setan dan iblis menjadi gempar karena ada sesuatu yang menjadi perintang misinya. 

Menurut Bin Al Hanafiya, setelah diturunkannya semua berhala di dunia berjatuhan, semua malaikat bersujud, syaitan berlarian saling bertabrakan karena kebingungan dan takut kepanasan.

Berikut adalah Khasiat dan manfaat utama dari surat Ayat Kursi:1. Sesiapa membacanya ayat Kursi dengan khusyuk usai shalat fardhu setiap pagi dan petang, keluar masuk rumah dan hendak berpergian, insya Allah akan terpelihara dari godaan syaitan, kejahatan manusia, binatang buas yang akan memudaratkan dirinya.

Komentar

Loading...