Resmi Tersangka, Legislator Penjamin Jenazah Covid-19 Dibiarkan Berkeliaran

FOTO: ISHAK/FAJAR

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Legislator dari DPRD Makassar yang menjamin pemulangan jenazah Covid-19, tidak ditahan meski telah resmi berstatus tersangka.

Penjamin itu adalah Andi Hadi Ibrahim Baso. Dia dibiarkan berkeliaran karena tidak ada penahanan atas kasusnya itu.

Ada beberapa pertimbangan tersendiri dalam internal penyidik, sehingga legislator dari fraksi PKS itu tidak ditahan.

“Dia memang diperiksa sebagai tersangka. Dari pertimbangan penyidik, belum dilakukan penahanan. Mungkin masih ada pemeriksaan lanjutan,” kata Kapolrestabes Makassar, Kombes Pol Yudhiawan, Minggu (19/7/2020).

Ditahan atau tidaknya tersangka, lanjut Yudhiawan, adalah kewenangan penyidik Sat Reskrim Polrestabes Makassar yang menangani kasus tersebut.

Ke depan, meski tidak dilakukan penahanan, Andi Hadi dan Andi Nur Rahmat tetap akan terus diperiksa oleh penyidik nantinya.

“Masih diperiksa. Intinya kalau menahan, cukup tanda tangan penyidik. Bukan saya. Sesuai Perkap Kapolri Nomor 6 Tahun 2019, semua masalah administrasi penyidikan, cukup penyidik,” jelasnya.

Kedua tersangka itu diketahui menjalani pemeriksaan pada Jumat (17/7/2020) sejak sekitar pukul 10.00 Wita hingga dini hari.

Pemeriksaan itu berlangsung tertutup. Bahkan beberapa pria yang mengaku pengacara dua tersangka itu, enggan memberikan jawaban terkait pemeriksaan dua kliennya itu.

Bahkan pengacara tersebut meninggalkan Mapolrestabes Makassar lewat pintu lain. Itu untuk menghindari sejumlah pertanyaan dari awak media. (Ishak/fajar)

Komentar

Loading...