Siapkan Hunian Sementara, Nurdin Abdullah: Akan Ditanggung APBN

Minggu, 19 Juli 2020 11:12

Sisa banjir bandang Masamba FOTO: ISTIMEWA

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah, menyebut, sesuai janji Menteri PUPR terkait tempat tinggal sementara dengan type 36 yang diperuntukkan bagi korban banjir di Luwu Utara, akan dibiayai menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN).

“Semua yang di bantaran sungai itu tidak akan mungkin kita izinkan lagi kembali ke rumahnya, itu harus kita pindahkan dan kita akan siapkan rumah tipe 36 yang akan dibiayai APBN, itu janjinya PUPR,” ungkapnya.

Selain itu, Nurdin Abdullah membeberkan, kondisi tempat tinggal warga yang terdampak banjir di Luwu Utara, kini sudah tak layak untuk dihuni.

“Tidak akan mungkin masyarakat kembali kerumahnya dalam kondisi begitu, karena tidak ada ruang lagi. Bahkan ada yang sampai atap rumahnya tertutup pasir,” tambahnya.

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi Sulsel dan Pemerintah Kabupaten Luwu Utara Sulawesi Selatan menginisiasi untuk menyiapkan tempat tinggal sementara bagi warga yang kehilangan tempat tinggal akibat banjir bandang beberapa hari lalu.

Olehnya, Gubernur Sulsel berharap, dengan adanya tempat tinggal sementara bagi warga yang terdampak banjir bandang, setidaknya mampu meringankan bebannya.

“Kita harap, tidak ada lagi yang menumpang di rumah-rumah, tidak ada yang bikin tenda seadanya, karena akan muncul masalah baru kalau ini tidak cepat kita atasi,” bebernya.

Sehingga, kata dia, pihaknya berinisiatif membangun hunian layak sementara, dengan bahu membahu bersama TNI/Polri untuk mendirikan bangunan tersebut.

Komentar