Anak Saya Kecanduan HP Dok?

Ilustrasi

FAJAR.CO.ID —

Kebiasaan menggunakan gadget membuat pola komunikasi anak menjadi lebih individualis dari yang seharusnya dialogis. Pola komunikasi individualis tersebut dapat menjadi pemicu masalah-masalah lainnya, seperti ketidakmampuan beradaptasi hingga problem kepriadian anak.

Kendati demikian, Henny pun menegaskan bahwa sebetulnya gadget itu tak ubahnya pisau bermata dua, yakni memiliki sisi positif dan negatifnya. Hanya, katanya, yang mesti ditekankan dan didisplinkan adalah durasi penggunaannya.

Jadi, ketika anak memainkan gadgetnya dengan durasi yang tepat dan memainkan aplikasi yang tepat, maka di situ sisi positif gadet ia dapatkan. Tapi, ketika anak memainkan gadet melebihi durasi semestinya, meskipun yang dimainkannya adalah sesuatu yang baik, orangtua tetap harus berhati-hati.

PERTANYAAN:Dok, anak saya usianya sudah hampir 2 tahun. Tapi, kaya terlalu kecanduan main HP, tidak mau sekali lepas. Kaya susah sekali menyahut dan malas bicara, tidak lancar juga bicara karena itu. Apakah itu ada pengaruhnya dok dengan HP?

085346708XXX

JAWABAN:Telepon genggam sangat berpengaruh pada pertumbuhan anak. Terutama dari berbicaranya dan interaksi dengan orang lain. Untuk menghindarinya jangan memberikan Hp terlalu lama. Terlebih jika hanya main game atau nonton YouTube. Mengindarinya, harus sering interaksi anak dan orang-orang di rumah. Bermain bersama sambil memperkenalkan sesuatu dengan ucapan yang tepat. Hindari menyediakan banyak mainan sekali bermain. Utamakan interaksi anak dan orangtua. (sal/dni)

Komentar

Loading...