Postingan Soal Foto Covid-19 Menuai Polemik, Begini Respons Anji

Senin, 20 Juli 2020 20:01

Terkait foto jenazah Covid-19, Anji melalui postingan di Instagram akhirnya menyampaikan klarifikasi sekaligus permintaan maaf. (Dok. Jawa Pos)

“Yang saya bahas dengan KOL dan lainnya adalah pola penyebaran informasi, bukan tujuan Joshua mengambil foto itu,” akunya.

Anji juga mengatakan dirinya menyoal tentang jenazah Covid-19 bukan pada ranah kode etik jurnalistik. Melainkan kode etik dunia kesehatan. Namun mengenai kode etik jurnalistik Anji tentu saja tidak mengetahui secara pasti karena dirinya tidak memiliki latar belakang sebagai wartawan.

“Saya mengerti pasti ada etika untuk pewarta foto maupun jurnalis. Saya tidak akan mendebat tentang hal itu karena pasti PFI lebih tahu. Sekali lagi dalam hal ini pertanyaan saya mengacu pada kode etik dunia kesehatan,” tuturnya.

Dia pun menyadari postingan kemudian menuai polemik dari kalangan profesi wartawan karena tidak sempat memberikan penjelasan tambahan untuk memperjelas pendapatnya. Sehingga lantas mendapat reaksi dari PFI. Anji kemudian menyampaikan permohonan maafnya secara terbuka.

“Kesalahan saya dalam hal ini adalah tidak menyertakan kalimat tambahan untuk memperjelas poin yang saya tuju. Untuk kesalahpahaman ini saya minta maaf kepada PFI dan pastinya pada Joshua Irwandi,” paparnya.

Bagikan berita ini:
10
9
4
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar