Potensi Hujan Lebat Terjadi di Sulsel Pekan Ini, BMKG: Warga Harus Tetap Waspada

Petugas Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memantau monitor citra satelit cuaca. Foto: ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga

FAJAR.CO.ID,MAKASSAR– Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi hingga 24 Juli, potensi hujan sedang hingga lebat disertai angin kencang akan terjadi di beberapa wilayah di Sulawesi Selatan.

Hal tersebut, sesuai dengan prakiraan cuaca yang dirilis BMKG pada Twitter @infohumasBMKG, Senin (20/7/2020).

Berdasarkan prakiraan tersebut, Prakirawan BMKG Wilayah IV Makassar Rizky Yudha mengimbau agar masyarakat dan pengguna layanan transportasi darat, laut maupun udara agar tetap waspada dan berhati-hati. Terutama dampak yang dapat ditimbulkan dari curah hujan tinggi, angin kencang, dan gelombang tinggi yang berpotensi terjadi pada satu pekan kedepan yakni pada 18 sampai 24 Juli mendatang.

“Misalnya potensi banjir, genangan, tanah longsor, angin kencang, pohon tumbang, meluapnya area tambak budidaya, dan keterlambatan jadwal penerbangan atau pelayaran,” ucapnya kepada fajar.co.id

“Masyarakat diharapkan tetap memperhatikan informasi dari BMKG serta instansi terkait untuk memastikan mitigasi bencana hidrometeorologi dapat dilakukan dengan baik,” sambung Rizky.

Rizky juga membeberkan, khusus wilayah Masamba, Sengkang, Rantepao, Palopo, Belopa, Makale, Enrekang dan Malili, juga diimbau untuk tetap waspada.

Pasalnya, pihaknya mengeluarkan peringatan dini untuk wilayah tersebut berupa potensi hujan lebat disertai angjn kencang.

“Gelombang 1.25 sampai 2.5 meter terjadi di Selat Makassar bagian selatan, Perairan Spermonde Makassar bagian barat, Perairan barat Kepulauan Selayar, Perairan Sabalana, Teluk Bone bagian selatan, Perairan timur Kep. Selayar, Laut Flores bagian utara, Laut Flores bagian barat, Perairan Bonerate hingga Kalaotoa bagian utara, Perairan Bonerate hingga Kalaotoa bagian selatan, dan Laut Flores bagian timur,” tutupnya.

Komentar

Loading...