Sembilan Kader Berebut Kursi 01 Golkar Sulsel, Ini 10 Syarat yang Wajib Dipenuhi

Sembilan bakal calon ketua Golkar Sulsel.

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Tahapan pendaftaran bakal calon Ketua DPD I Golkar Sulsel sudah selesai. Hingga ditutup, tercatat sembilan kader yang mengambil formulir.

Mereka yang mengambil formulir; Syamsuddin Hamid, Hamka B. Kady, Supriansa, Taufan Pawe, Syamsul Alam Mallarangeng, Rio Padjalangi, Emir Baramuli, Kadir Halid, dan Abdillah Natsir.

Ketua Steering Committee Musda X Golkar Sulsel, Arfandy Idris mengatakan, tahapan musda kali ini berbeda dari biasanya. Sebab, Ketua Umum (Ketum) DPP Golkar, Airlangga Hartanto baru saja menerbitkan Juklak-02/DPP/Golkar/II/2020 tentang tahapan penjaringan dan pencalonan ketua yang baru untuk tahun 2020.

Dalam juklaknya, proses rekrutmen dibagi tiga. Tahapan penjaringan, pencalonan dan pemilihan ketua sejak 16 sampai 24 Juli 2020. Setelah dijaring dan ditetapkan, bakal calon memenuhi 10 persyaratan yang diberikan ini berdasarkan AD-ART pasal 18 ayat 1 dan 5 serta Juklak-02/DPP/Golkar/II/2020 pasal 38 ayat 1 Huruf A poin (c).

“Ada 10 syarat harus dipenuhi. Di antaranya aktif sebagai pengurus sekurang-kurangnya satu periode di tingkatannya, dan/ atau setingkat di atasnya, dan/ atau setingkat di bawahnya,” jelasnya.

Calon juga harus mengantongi 30 persen pemegang hak suara. Dibuktikan surat suara dukungan yang ditandatangani ketua dan sekretaris.

“Setelah ditetapkan sebagai calon, syarat dukungan 30 persen diserahkan. Kemudian diverifikasi kembali,” tegasnya.

Selain itu, kandidat juga tidak memiliki hubungan suami atau istri atau keluarga sedarah atau segaris lurus ke atas dan ke bawah yang duduk sebagai anggota DPR-RI, DPRD provinsi, kabupaten/kota mewakili partai politik lain atau pengurus partai politik lain dalam satu wilayah yang sama.

Komentar

Loading...