Teken Perpres Komite Penanganan Covid-19, Jokowi Bubarkan Gugus Tugas

Presiden Jokowi. Foto: Ricardo/JPNN.com Artikel ini telah tayang di JPNN.com dengan judul "Presiden Jokowi: Kalau Masih Rendah, Saya Telepon Langsung", https://www.jpnn.com/news/presiden-jokowi-kalau-masih-rendah-saya-telepon-langsung?page=2

FAJAR.CO.ID,JAKARTA– Presiden RI, Joko Widodo meneken Peraturan Presiden Nomor 82 Tahun 2020 tentang Komite Penanganan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) dan Pemulihan Ekonomi Nasional, Senin (20/07/2020).

Ditekennya peraturan itu, Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 pun dibubarkan. Kendati demikian, fungsinya kini diemban oleh Satuan Tugas Penanganan COVID-19 yang berada di bawah Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional.

Dalam aturan tersebut dijelaskan bahwa Komite ini berada di bawah dan bertanggungjawab kepada Presiden. Komite tersebut Satuan Tugas Pemulihan dan Transformasi Ekonomi Nasional.

Pembubaran lembaga tersebut merujuk pada Pasal 19 Ayat 1 Perpres Nomor 82/2020. “Dengan pembentukan Komite sebagaimana dimaksud dalam Pasal 1 melalui Peraturan Presiden ini membubarkan (18 lembaga),” tulis Perpres tersebut, Senin (20/7).

Sebelumnya, Presiden Jokowi juga jauh hari sempat menyatakan akan membubarkan 18 lembaga negara dalam waktu dekat. Salah satunya alasannya untuk efisiensi anggaran. Nantinya, anggaran yang selama ini digunakan untuk membiayai keberadaan lembaga negara itu. Maka bisa dialihkan ke kementerian yang lain.

“Semakin ramping organisasi, ya cost-nya kan semakin bisa dikembalikan. Anggaran, biaya. Kalau bisa kembalikan ke kementerian, dirjen, direktorat, direktur. Kenapa kita harus pakai badan-badan itu lagi, ke komisi-komisi itu lagi,” katanya. n(bs/eds)

loading...
Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Komentar

Loading...