Tiket Khusus DPP ke Supriansa, Pengamat Politik Sebut Jalan Mulus Menuju Kursi 01 Golkar Sulsel


FAJAR.CO.ID,MAKASSAR– Anggota DPR RI, Supriansa mendapat rekomendasi persetujuan dari DPP Partai Golkar untuk maju sebagai Calon Ketua DPD I Golkar Provinsi Sulawesi Selatan dalam Musda X tahun 2020.

Surat rekomendasi yang langsung ditandatangani Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto dan Sekjen Lodwijk Paulus itu bernomor: B-248/GOLKAR/VII/2020, Tanggal 19 Juli 2020, di Jakarta.

Surat ini seolah menjadi isyarat positif kepada Supriansa untuk memimpin Golkar Sulsel menggantikan Nurdin Halid. Lantas seperti apa pandangan pengamat politik terhadap surat rekomendasi tersebut?

Pengamat Politik dari Universitas Hasanuddin (Unhas), Sukri Tamma berpandangan, surat rekomendasi DPP terhadap mantan Wakil Bupati Soppeng itu dapat dilihat dalam dua sisi.

Pertama dari sisi administratif, surat yang diteken Ketua Umum Airlangga Hartarto itu hanya merupakan bagian dari syarat adminstratif yang harus dipenuhi Supriansa karena belum memenuhi syarat pernah jadi pengurus penuh selama satu periode kepengurusan (5 tahun).

Perlu diketahui, bakal calon harus memenuhi 10 persyaratan yang diberikan, berdasarkan AD-ART pasal 18 ayat 1 dan 5 serta Juklak-02/DPP/Golkar/II/2020 pasal 38 ayat 1 Huruf A poin (c).

Ada 10 syarat harus dipenuhi. Diantaranya aktif sebagai pengurus sekurang-kurangnya satu periode di tingkatannya, dan/ atau setingkat di atasnya, dan/ atau setingkat di bawahnya.

Calon juga harus mengantongi 30 persen pemegang hak suara. Dibuktikan surat suara dukungan yang ditandatangani ketua dan sekretaris.

Komentar

Loading...