Vaksin Belum Ada, Prof Idrus Sarankan Minyak Kayu Putih Jadi Obat Alternatif Covid-19


FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Wabah virus corona (Covid-19) hingga kini masih terus menyebar. Bahkan, dari data terbaru gugus tugas Covid Kota Makassar, sebanyak 4749 kasus terkonfirmasi positif.

Salah satu penyebab wabah terus menyebar dikarenakan belum adanya vaksin yang diumumkan secara resmi dari pemerintah maupun organisasi kesehatan dunia (WHO) untuk Covid 19.

Mantan Rektor Universitas Hasanuddin, Prof Idrus Paturusi menilai, minyak kayu kutih bisa dijadikan penyembuhan alternatif karena belum adanya vaksin. Terlebih obat ini sudah digunakan turun temurun oleh masyarakat.

“Paling tidak bisa membantu, dan siapa tahu penelitian kita itu signifikan memberikan efek penyembuhan dan kemudian bisa kita buktikan eucaliptus ini membunuh virus tentu luar biasa. Karena murah, tradisional, dan tentu bisa menyelesaikan masalah covid ini,” ungkapnya usai bertemu dengan Pj Walikota Makassar, Senin (20/7/2020).

Menurut Prof Idrus, minyak kayu putih memiliki kandungan 1,8 sineol. 1,8 sineol ini sudah diteliti ribuan jurnal di dunia. Memiliki dasar ilmiah sebagai anti inflamasi, anti nyeri, anti virus, anti bakteri, mengencerkan dahak, dan bisa mengeluarkan dahak.

Prof Idrus menjelaskan, minyak kayu putih ini memang tengah diteliti atas kerjasama Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) Universitas Indonesia dan Universitas Hasanuddin.

“Akan dibagikan secara gratis ke pusat-pusat isolasi wisata covid atau pun yang isolasi mandiri. Kita juga akan melihat sejauh mana dampaknya, akan tetapi sejauh ini terjadi perbaikan klinis terhadap yang menggunakan minyak kayu putih ini,” terangnya.

Komentar

Loading...