Vaksin dari Tiongkok Masuk RI, Diuji Klinis Bio Farma

Ilustrasi vaksin Covid-19 (ANTONOV/AFP)

FAJAR.CO.ID,JAKARTA– Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menyebut vaksin penangkal virus penyebab Covid-19 dari Tiongkok sudah masuk ke Indonesia. Vaksin tersebut saat ini sedang diuji klinis tahap III oleh PT Bio Farma (Persero).

Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga berharap, vaksin buatan Sinovac tersebut nantinya dapat diproduksi di Indonesia. Sebab, pihaknya telah bekerja sama dengan beberapa negara.

“Vaksin Sinovac ini sudah sampai di Indonesia sekarang dalam proses uji klinis tahap III oleh teman-teman di Bio Farma,” ujarnya di Jakarta, Senin (20/7).

Arya menyampaikan, Bio Farma sendiri telah dikenal oleh dunia internasional sehingga mendapat kepercayaan beberapa negara untuk ikut serta dalam pengujian virus tersebut. “Memang posisinya di kalangan internasional, di dunia vaksin memang sangat terkenal dan dianggap mampu melakukan pembuatan dan uji klinis sangat mampu,” ucapnya.

Arya mengungkapkan, saat ini Bio Farma juga mengecek apakah vaksin tersebut cocok untuk Indonesia. Sebab, bisa saja virus yang ada di Tiongkok berbeda dari yang ada di Indoensia.

“Itu yang kita lakukan tes klinis apakah cocok dan mematikan virus korona yang ada di Indonesia,” imbuhnya.

Arya menambahkan, dari informasi yang ia terima, vaksin tersebut akan berbeda dari vaksin lainnya. Sebab, vaksin itu dapat digunakan untuk menangkal virus Covid-19 yang berkembang.

Komentar

Loading...