2 ASN Berbuat Terlarang, Bupati Maryoto Birowo: Bisa Dipecat

Ilustrasi garis polisi

FAJAR.CO.ID, TULUNGAGUNG — Penyalahgunaan narkoba di Tulungagung seperti tidak ada habisnya. Kali ini bahkan menyasar di kalangan aparatur sipil negara (ASN) lingkup Pemkab Tulungagung.

Buktinya, Satresnarkoba Polres Tulungagung telah mengamankan dua oknum ASN berinisial WP, 37, warga Desa Plosokandang, Kecamaan Kedungwaru dan FD, 37, warga Desa Mulyosari, Kecamatan Pagerwojo, lantaran diduga memiliki dan atau menguasai narkotika golongan satu jenis sabu.

Sementara itu, Bupati Tulungagung Maryoto Birowo saat dikonfirmasi terpisah, mengaku belum menerima informasi tersebut secara resmi. Namun yang jelas, jika benar bersalah, pihaknya menyerahkan kasus kedua oknum ASN tersebut sepenuhnya kepada pihak berwajib.

Namun selama proses hukum, Pemkab Tulungagung tidak bisa melakukan pendampingan litigasi (hukum). Lantaran kasus yang menjerat dua ASN itu dinilai merupakan ranah pribadi. “Untuk pendampingan, kami hanya melakukan secara administrasi saja karena status kepegawaiannya itu,” katanya.

Kasus penyalahgunaan narkoba ini, kata pria nomor satu di lingkup Pemkab Tulungagung itu, dinilai termasuk pelanggaran berat. Sebab, jelas menggunakan barang haram yang dilarang negara. Lantas, pihaknya meminta OPD yang membawahi dua oknum ASN tersebut segera melapor. Karena laporan itu akan dipakai untuk menilai tindakan apa yang akan diambil.

“Ya jelas, sanksi nanti dijatuhkan jika perkara sudah berkekuatan hukum tetap (inkrah). Namun untuk sekarang, kami serahkan kepada pihak berwajib seperti apa hasil pemeriksaannya,” katanya.

Komentar

Loading...