Awal Tahun Depan, Vaksin Sinovac Asal Tiongkok akan Diproduksi Masal

Selasa, 21 Juli 2020 20:09

Ilustrasi vaksin Covid-19 (ANTONOV/AFP)

FAJAR.CO.ID,JAKARTA — Vaksin Covid-19 yang diproduksi oleh perusahaan Sinovac dari Tiongkok telah sampai ke Indonesia. Saat ini vaksin tersebut telah menjalani uji klinis tahap 3 yang dilakukan oleh PT Bio Farma (Persero).

Juru Bicara Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional Wiku Adisasmito menyampaikan, diharapkan uji klinis vaksin Covid-19 tersebut bisa selesai awal tahun depan. Sehingga vaksin Covid-19 bisa segera diproduksi massal.

“Vaksin itu diharapkan dapat diproduksi segera, sebagian masih uji klinis. Dan harapannya di awal tahun depan sebagian sudah bisa diproduksi,” ujarnya di Jakarta, Selasa (21/7).

Wiku menyebut, produksi masal diharapkan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat. “Jumlahnya (produksi) akan banyak sehingga berproses juga untuk melakukan vaksinasi,” ucapnya.

Wiku juga mengatakan, saat ini pemerintah tengah fokus melakukan pemerataan tes PCR di berbagai daerah. Pemerintah akan mengurangi tes cepat secara bertahap dengan pertimbangan akurasi lebih rendah.

“Jadi, kita sedang menguatkan PCR di berbagai daerah, dan kualitasnya juga ditingkatkan,” tuturnya.

Hari ini, Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional menggelar rapat perdana yang dipimpin langsung oleh Menko Perekonomian Airlangga Hartarto. Selain membahas percepatan produksi vaksin, rapat juga memutuskan untuk menunjuk dua orang sebagai juru bicara komite.

Selain Wiku, seorang lagi yakni Wakil Menteri BUMN Budi Gunadi Sadikin (BGS) yang didapuk sebagai juru bicara komite. “Nanti Pak Budi bagian gugus ekonomi,” kata Airlangga, dalam konferensi pers virtual, Selasa (21/7). (JPC)

Komentar