Baim Wong Jadikan Sedekah Konten YouTube, Ustaz Abdul Somad: Itu Motivasi Bagi Umat


FAJAR.CO.ID, JAKARTA– Baim Wong berusaha tenang menanggapi cibiran miring tentang konten Youtube-nya yang beberapa diantaranya tentang berbagi dengan yang membutuhkan.

Salah satu yang memberikan sindiran tajam adalah Nikita Mirzani, dimana dia menyinggung seharusnya kalau ingin bersedekah tidak dijadikan konten.

Baim mengaku terkadang suka takut dan mempertanyakan apakah konten-konten yang dibuatnya sudah benar. Namun, semua diserahkannya kepada Allah SWT yang tahu bagaimana niat ayah satu putra ini.

“Insyaallah semua kembali pada Allah. Sebenarnya sekarang pun saya masih takut. Apa yang saya lakukan itu, apakah sudah benar atau belum,” tulisnya di akun Instagramnya, Senin (20/7/2020) malam.

Pun dia menyadari ketakutan itu ada baiknya. “Tetapi lebih baik saya memiliki perasaan takut ini, daripada merasa diri saya sudah benar,” tegasnya.

Dalam unggahan kegalauan hatinya itu, suami Verhoeven itu menyertakan satu video terkait penjelasan Ustadz Abdul Somad (UAS) tentang Youtuber yang kerap bersedekah namun dijadikan konten.

UAS mengungkapkan selama konten itu tidak ada unsur penipuan, menyakiti orang lain, hukumnya boleh.

“Hukum dasar muamalah dalam Islam berbeda dengan hukum dasar ibadah. Hukum mualamah interaksi sosial dalam islam, hukum dasarnya boleh, mubah. Segala aktiviats kita hukumnya boleh kapan,” jelasnya.

“Kapan dia (aktivitas itu) menjadi haram? Ketika ada unsur yang jatuhnya kepada haram, bisa terjadi penipuan secara hukum fiqih, haram,” tegasnya.

Komentar

Loading...