Brigjen Prasetijo Utomo Terbaring Sakit, Polri Ungkap Ini

Djoko Tjandra & Brigjen Prasetijo

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Peran Brigjen Prasetijo Utomo dalam meloloskan buronan Djoko Tjandra semakin terlihat. Tidak hanya menerbitkan surat jalan dan membantu pembuatan surat keterangan bebas Covid-19, Prasetijo juga mengawal langsung Djoko Tjandra sampai ke Pontianak.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Mabes Polri Brigjen Awi Setiyono mengatakan, Prasetijo dan Djoko Tjandra melakukan penerbangan bersama ke Pontianak. Hal ini dipastikan setelah Prasetijo diperiksa oleh Divpropam Polri.

“Iya untuk pemeriksaan awal kita dapatkan sesuai surat izinnya memang demikian, yang bersangkutan membuat surat izin sendiri menuju Pontianak dan info yang kita dapatkan yang bersangkutan langsung dalam satu pesawat dengan DPO,” kata Awi kepada wartawan, Selasa (21/7).

Saat ini, Divpropam masih mendalami ihwal pengawalan yang diberikan Prasetijo kepada Djoko Tjandra. Penyelidikan terkendala oleh keadaan Prasetijo yang masih terbaring sakit.

“Karena memang sampai hari ini, kami sudah kroscek ke Propam, Dokkes yang bersangkutan masih dalam perawatan di RS,” kata Awi.

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Idham Azis mencopot Brigjen Prasetijo Utomo dari jabatannya sebagai Karo Korwas Bareskrim Polri. Pencopotan ini terjadi usai Prasetyo terbukti mengeluarkan surat jalan untuk buronan kelas kakap, Djoko Tjandra.

Pencopotan ini tertuang dalam Surat Telegram (TR) Kapolri bernomor ST/1980/VII/KEP./2020 tertanggal 15 Juli 2020. Dalam surat tersebut, Prasetyo dimutasi menjadi Perwira Tinggi (Pati) Yanma Mabes Polri, dalam rangka pemeriksaan.

Komentar

Loading...