Inilah Keutamaan dan Amalan di Bulan Dzulhijjah

TETAP JAGA JARAK: Salat berjamaah di Masjidilharam di tengah masa pandemi covid-19. (STR/AFP)

FAJAR.CO.ID — Kalender Hijriah memasuki bulan terakhir atau bulan ke-12 yakni bulan Zulhijah. Tanggal 1 Zulhijah bertepatan dengan 22 Juli 2020 atau tiga hari lagi. Terdapat beberapa puasa sunah dan tanggal-tanggal penting pada bulan Zulhijah 1441 H/2020, termasuk Hari Raya Idul Adha.

Bulan Zulhijah dikenal juga sebagai bulan haji atau bulan kurban. Periode ini menjadi waktu dilaksanakannya dua ibadah yang mulia tersebut. Kendati, untuk tahun ini bulan Zulhijah–termasuk di dalamnya perayaan Hari Raya Idul 

Adha–berlangsung di tengah pandemi Covid-19.

Pandemi virus corona membuat pemerintah Indonesia tidak memberangkatkan jemaah haji ke Arab Saudi. Ibadah lain seperti salat Idul Adha dan kurban pun dilakukan dengan protokol kesehatan yang ketat.

Meski begitu, jemaah haji dan juga umat Islam lainnya tetap dapat menjalankan sejumlah amalan pada bulan Zulhijah untuk mendapatkan keridaan Allah SWT.

Terdapat amalan puasa sunah yang dapat dilakukan pada sembilan hari jelang Idul Adha pada 10 Zulhijjah. Puasa sunah itu termasuk puasa Tarwiyah pada 8 Zulhijah dan puasa Arafah pada 9 Zulhijah. Amalan ini juga merupakan bagian dari 10 hari yang dicintai Allah SWT.

Keutamaan 10 hari di bulan Zulhijah terdapat dalam firman Allah Surat Al-Fajr.

“Demi Fajar, dan malam yang sepuluh,” terjemahan surat Al-Fajr ayat 1-2.

Dalam tafsir Ibu Katsir, malam yang sepuluh itu diartikan 10 hari pertama di bulan Zulhijah.

Komentar

Loading...