Puncak Ziarah Haji, Ini Pengumuman Penting Arab Saudi

Suasana masjidilharam di ibu kota Mekah-- Umit Bektas/Reuters

FAJAR.CO.ID, MEKAH — Pemerintah Arab Saudi memastikan 1.000 warga Arab Saudi dan Asing yang bisa ambil bagian pada ibadah haji tahun ini. Ziarah haji dijadwalkan dimulai pada 29 Juli mendatang.

Haji tahun ini, telah diturunkan secara drastis yang hanya sekitar 1.000 peziarah Muslim karena pandemi coronavirus.

Sejatinya, sekitar 2,5 juta orang biasanya berpartisipasi dalam ritual beberapa hari, yang berpusat di kota suci Mekah.

“Pendiri jemaah haji di Gunung Arafat, puncak dari ritual haji, jatuh pada hari Kamis,” kata pejabat resmi Saudi Press Agency mengutip Mahkamah Agung, yang mengindikasikan bahwa hari Rabu akan menjadi hari pertama acara tahunan tersebut, seperti dilansir aljazeera, Selasa, 21 Juli.

Waktu haji ditentukan oleh posisi bulan, sesuai dengan kalender Islam.

Bulan lalu, Arab Saudi mengumumkan akan mengadakan haji yang “sangat terbatas”, sebuah keputusan yang penuh dengan bahaya politik dan ekonomi karena ia memerangi lonjakan kasus-kasus coronavirus yang sekarang melebihi lebih dari 250.000.

Ibadah haji dan umrah yang lebih rendah menarik jutaan Muslim dari seluruh dunia dan bersama-sama menghasilkan sekitar $ 12 miliar setahun untuk negara ini.

Meskipun para pejabat haji mengatakan, ziarah akan dibatasi untuk 1.000 orang yang sudah berada di kerajaan – baik orang asing maupun warga negara – beberapa laporan pers mengatakan bahwa 10.000 orang dapat ambil bagian.

Komentar

Loading...