Soal Surat Djoko Tjandra, Brigjen Prasetijo Segera Jalani Sidang Etik

Djoko Tjandra-Brigjen Prasetijo Utomo (Dok. Jawa Pos/Sumut Pos)

FAJAR.CO.ID,JAKARTA — Mantan Karo Korwas PPNS Bareskrim Polri Brigjen Pol Prasetijo Utomo segera menjalani sidang etik pelanggaran disiplin karena membantu pelarian buronan Djoko Tjandra. Penyidik Divpropam Polri sudah selesai melakukan pemberkasan, dan akan diseragkan kepada Kepala Biro Pertanggungjawaban Profesi (Karo Wabprof) untuk disidangkan.

“Untuk berkas disiplin BJP PU sudah selesai berkasnya, dan oleh Provos nanti akan diserahkan ke Wabrop,” kata Kadiv Humas Polri Irjen Pol Argo Yuwono di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa (21/6).

Berkas tersebut nantinya akan dievaluasi oleh Wabprof terlebih dahulu. “Kemudian nanti akan disidangkan, tentunya nanti dari Wabrop yang akan merencanakan,” jelas Argo.

Dalam menjalankan sidang disiplin ini, Divpropam tetap mengedepankan azas praduga tak bersalah kepada Prasetijo. Dengan tetap berpedoman kepada berkas yang dibuat penyidik.

Diketahui, usai diobok-obok buronan korupsi Djoko Tjandra, Kapolri Jenderal Pol Idham Azis mengambil langkah tegas kepada bawahannya. Setelah mencopot jabatan Brigjen Prasetijo Utomo karena menerbitkan surat jalan, pencopotan pun dilakukan di Divisi Hubungan Internasional (Divhubinter).

Melalui Surat Telegram Nomor ST/2076/VII/KEP./2020 tertanggal 17 Juli 2020, yang ditandangani oleh As SDM Kapolri Irjen Pol Sutrisno Yudi Hermawan Kadivhubinter Irjen Pol Napoleon Bonaparte dimutasikan menjadi Analis Kebijakan Itwasum Polri. Posisinya digantikan oleh Brigjen Pol Johanis Asadoma yang saat ini menjabat sebagai Wakapolda Nusa Tenggara Timur (NTT).

Komentar

Loading...