Wadduh… Sejumlah Petugas PPK, PPS, dan Sekretariat KPU Gowa Reaktif Covid-19

Ketua KPU Gowa, Muhtar Muis (tengah).

FAJAR.CO.ID, GOWA — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gowa jadi perhatian. Beberapa petugas PPK dan PPS di sana dinyatakan reaktif.

Di tengah gencarnya Pilkada 2020 di Butta Bersejarah ini, justru beberapa petugasnya reaktif setelah menjalani rapid tes yang digelar KPU Gowa, bekerja sama dengan Gugus Percepatan Penanganan COVID-19 Gowa dan Dinas Kesehatan Gowa.

Ketua KPU Gowa, Muhtar Muis, membenarkan kejadian itu. Tidak semua petugas yang reaktif. Hanya beberapa. Namun, Muhtar belum bisa membeberkan jumlah pasti petugas yang reaktif.

“Belum ada hasil resmi sampai ke KPU. Tadi baru selesai gelombang terakhir rapid test. Ada beberapa terlapor reaktif. Tapi rata-rata hanya penyelenggara PPK, PPS dan sekretariat,” katanya kepada wartawan, Selasa (21/7/2020).

“Beberapa penyelenggara PPK dan PPS yang reaktif ini sudah diminta untuk menjalani isolasi mandiri selama 14 hari,” sambung Ute, sapaan akrabnya.

Rapid test yang digelar beberapa waktu lalu dijalani oleh seluruh pegawai komisi penyelenggara pesta demokrasi itu. Mulai dari jabatan bawah hingga pimpinan.

Termasuk Sekretariat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP).

Menurutnya, pemeriksaan dini tersebut sebagai transparansi KPU Gowa kepada masyarakat agar partisipasi Pilkada nanti meningkat, meski di tengah pandemi Covid-19.

“Ini sebagai jaminan kami kepada masyarakat. Penyelenggara yang bekerja di lapangan yang khusus bersentuhan dengan masyarakat itu, InsyaAllah sudah bebas (Covid-19) dan tidak ada masalah,” tutup Muhtar Muis. (Ishak/fajar)

Komentar

Loading...