Belum Ada Regulasi, Warga Sinjai Dihukum Gara-gara Tak Pakai Masker

FOTO: ISTIMEWA

FAJAR.CO.ID, SINJAI — Masyarakat di Kabupaten Sinjai yang keluar rumah tanpa menggunakan masker dikenai hukuman. Padahal, belum ada aturan yang menjadi dasar pemberlakuan hukuman itu.

Hal itu terjadi di Kompleks Pasar Sentral di Kabupaten Sinjai Rabu siang (22/7/2020) saat sosialisasi oleh tim gugus tugas Covid-19 Kecamatan Sinjai Utara, bersama aparat gabungan TNI, Polri, Satpol PP, dan Dinas Perhubungan.

Camat Sinjai Utara, A Hariyani Rasyid mengatakan, belum ada regulasi yang mengatur pemberian sanksi bagi masyarakat yang tidak mematuhi protokol kesehatan. Terutama dalam penggunaan masker.

Oleh karena itu mantan Camat Bulupoddo ini menegaskan jika pemberian sanksi itu atas inisiatif aparat TNI-Polri. “Bukan saya yang memberi sanksi. Saya tadi hanya mendampingi selaku pemerintah wilayah Kecamatan Sinjai Utara,” bebernya.

Bahkan, dia mengaku sempat menyarankan agar pemberian sanksi ditiadakan. Cukup memberikan edukasi. Sebab Peraturan Bupati (Perbub) sementara proses penggodokan.

Dandim 1424 Sinjai, Letkol Inf Oo Sahrojat menyampaikan, pihaknya memerintahkan jajarannya untuk proaktif melakukan sosialisasi pencegahan Covid-19 demi keselamatan masyarakat.

Namun tidak disertai dengan pemberian sanksi. “Kami hanya arahkan untuk memberikan imbauan ke masyarakat, bukan untuk disanksi,” jelasnya.

Berbeda halnya yang disampaikan Kasubag Humas Polres AKP Fatahuddin. Dia menilai langkah pemberian sanksi itu merupakan bentuk pencegahan.

Hal itu berdasarkan asas “Solus populi suprema lex esto”. Dimana keselamatan rakyat merupakan hukum tertinggi bagi suatu negara.

Komentar

Loading...