Hasil Survei: Prabowo Menteri Paling Top

Prabowo

FAJAR.CO.ID,JAKARTA– Publik menilai Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto merupakan pembantu presiden dengan kinerja terbaik.

Hal itu diketahui setelah Charta Politika Indonesia mengeluarkan survei nasional dengan judul ‘Trend 3 Bulan Kondisi Politik, Ekonomi, dan Hukum Pada Masa Pandemi COVID-19″.

Dalam survei tersebut, sebesar 12,8 persen responden menilai Prabowo ialah menteri era pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) dengan kinerja terbaik.

Setelah Prabowo, responden menilai Sri Mulyani memiliki kinerja baik. Mengacu survei Charta Politika, sebesar 11,5 persen responden menilai Menteri Keuangan itu berkinerja baik.

Berturut-turut setelah itu, responden juga menilai baik kinerja Mahfud MD, Erick Thohir, dan Basuki Hadimuljono.

Ketiga menteri itu mendapatkan 5,8 persen, 4,6 persen, dan 4,2 persen suara responden. “Kalau dilihat ada Pak Prabowo, ada Sri Mulyani, ada Erick Thohir, ada Mahfud MD, dan ada Basuki (Hadimuljono),” kata Direktur Eksekutif Charta Politika Yunarto Wijaya dalam paparan survei secara virtual, Rabu (22/7).

Yunarto beralasan, keterkenalan ke publik yang menyebabkan responden menilai lima nama tadi masuk menteri dengan kinerja terbaik.

Di antara menteri era Jokowi, kelima sosok memang cukup dikenal publik. “Bisa saja bias popularitas, seperti saya sebutkan tadi dan mungkin posnya mendapatkan sorotan media di saat situasi pandemi COVID-19,” ungkap dia.

Akibat keterkenalan itu, kata dia, beberapa responden justru menilai kurang kinerja menteri lain. Misalnya Menteri Sosial Juliari yang hanya mendapatkan suara responden 2,2 persen.

Komentar

Loading...