Sabar! Tak Semua PNS Bakal Terima Gaji ke-13, Ini Daftarnya

Menkeu-Sri-Mulyani-Dery-Ridwansah

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Gaji ke-13 PNS akan dicairkan pada Agustus 2020. Namun tidak semua PNS terima gaji ke-13 seperti pada tahun-tahun sebelumnya.

Gaji ke-13 tidak akan diberikan kepada pejabat negara, pejabat eselon I dan II, maupun setingkatnya. Keputusan ini serupa dengan kebijakan pemberian Tunjangan Hari Raya (THR) pada Mei lalu.

“Pembayaran gaji ke-13 direncanakan dilakukan pada Agustus 2020. Untuk pelaksanaan ini kami akan mengeluarkan revisi dari regulasi yang ada,” kata Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati melalui video conference di Jakarta, kemarin (21/7).

Sri Mulyani menegaskan gaji ke-13 PNS hanya diberikan kepada eselon III ke bawah dan pensiunan. Pemerintah telah menyiapkan alokasi anggaran Rp 28,5 triliun.

Sri Mulyani memerinci alokasi dana itu tersebar ke dua pos. Yakni, aparatur sipil negara (ASN) pusat Rp 14,6 triliun dan PNS daerah atau yang masuk dalam APBD Rp13,89 triliun.

“Ini untuk gaji dan tunjangan yang melekat pada gaji di pusat sebesar Rp 6,73 triliun, sedangkan pensiunan Rp 7,86 triliun,” jelasnya.

Mantan direktur pelaksana Bank Dunia itu menuturkan, pencairan gaji ke-13 tidak berlaku pada pejabat negara, pejabat eselon I dan II, serta pejabat setingkat. Sama dengan kebijakan pencairan tunjangan hari raya (THR).

Keputusan tersebut diambil pemerintah untuk penghematan anggaran akibat pandemi Covid-19.

KONTEN BERSPONSOR

Komentar